Peranan Komunikasi dalam Bisnis
1. Komunikasi dengan Pasar
1. Komunikasi dengan Pasar
Dengan timbulnya situasi Economic of
relatif plenty, dewasa ini setiap pengusaha harus berusaha untuk dapat menutup
jurang yang terbentang antara produsen dengan masyarakat konsumen selaku calon
pembeli atau pemakai barang atau jasa yang dihasilkannya.
Menjadi tugas dan tanggung jawabnya
selaku seorang pengusaha untuk selalu dapat mempengaruhi besarnya permintaan
akan barang hasil produksi perusahaannya, selalu berusaha untuk mencari pembeli
dan pemakai barang yang dihasilkannya. Sebagai pengusaha, ia harus memberitakan
penyempurnaaan-penyempurnaan produksi yang telah dicapainya, dimana barang yang
dihasilkannya dapat diperoleh masyarakat konsumen dan lain senbagainya. Atau
dengan perkataan lain, setiap pengusaha harus selalu memelihara konsumen dengan
pasar.
Penyelenggara komunikasi dengan pasar,
merupakan suatu syarat mutlak bagi setiap produsen yang menghasilkan produk
secara besar-besaran yang ditujukan kepada kepada para konsumen yang tidak
dikenalnya. Penyelenggaraan komunikasi dengan pasar juga berarti suatu syarat
mutlak bagi setiap pengusaha yang ingin menjamin kelangsungan hidup
perusahaannya dan terus maju berkembang.
Dalam lingkungan bisnis, ada aneka
sarana komunikasi perdagangan yang dapat dipergunakan para pengusaha untuk
berkomunikasi dengan masyarakat konsumen. Sarana-sarana komunikasi perdagangan
yang tersedia antara lain adalah dalam wujud pengiriman surat, pengiriman
kawat, percakapan telepon, kunjungan pribadi, dan lain-lain.
Jenis-jenis sarana komunikasi
perdagangan yang disebutkan tadi hanya sesuai bilamana dipergunakan dalam
daerah pemasaran barang dan jasa yang ruang lingkupnya terbatas.
Untuk berkomunikasi dalam suatu daerah
pemasaran yang sangat luas, dimana calon konsumen kita jumlahnya beribu-ribu
bahkan mungkin mencapai jutaan atau puluhan juta orang, kita memerlukan sarana
komunikasi pemasaran khusus seperti periklanan. Karena periklanan dalam
rangkaian usaha yang dilakukan setiap pengusaha merupakan suatu alat pemasaran
yang bidang geraknya justru terletak dalam bidang komunikasi massa.
2. Konsep Dasar dan Peranan Komunikasi
Komunikasi merupakan aktivitas dasar
manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain
baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat pekerjaan, di
pasar, dalam masyarakat atau di mana saja manusia berada. Tidak ada manusia
yang tidak akan terlibat dalam konunikasi.
Pentingnya komunikasi bagi manusia tidaklah dapat dipungkiri begitu juga halnya bagi suatu organisasi. Dengan adanya komunikasi yang baik suatu organisasi dapat berjalan dengan lancar dan berhasil dan begitu pula sebaliknya, kurangnya atau tidak adanya komunikasi organisasi dapat macet dan berantakan. Misalnya bila dalan suatu sekolah kepala sekolah tidak memberi informasi kepada guru-guru mengenai kapan sekolah dimulai sesudah libur semester dan apa bidang studi yang harus diajarkan oleh masing-masing guru, maka besar kemungkinannya guru tidak dating mengajar. akibatnya, murid-murid tidak belajar.
Hal ini menjadikan sekolah tidak
berfungsi sebagaimana mestinya. Dari contoh itu kelihatan, bahwa dengan
kelupaan memberi informasi saja sudah memberikan efek yang lebih besar bagi
sekolah. Karena pentingnya komunikasi dalam organisasi maka perlu menjadi
perhatian pengelola agar dapat membantu dalam pelaksanaan tugasnya Komunikasi
yang efektif adalah penting bagi semua organisasi.
Oleh karena itu, para pemimpin
organisasi dan para komunikator dalam organisasi perlu memahami dan
menyempurnakan kemampuan komunikasi mereka (Kohler 1981). Untuk memahami
komunikasi ini dengan mudah, perlu terlebih dahulu mengetahui konsep-konsep
dasar komunikasi
3. Tujuan Komunikasi
Komunikasi merupakan sesuatu yang
sangat pokok dalam setiap hubungan seseorang dengan orang lain, begitu pula
dalam suatu organisasi terjadinya komunikasi tentunya mempunyai tujuan yang
ingin dicapai. Tujuan – tujuan dari komunikasi tersebut antara lain :
·
Menentapkan dan menyebarkan maksud
dari suatu kegiatan.
·
Untuk mempengaruhi sikap dan perilaku
orang-orang secara individu maupun kelompok-kelompok di dalam suatu organisasi
·
Mengembangkan rencana-rencana untuk mencapai
tujuan.
·
Mengorganisasikan sumber-sumber daya manusia
dan sumber daya lainnya seperti efektif dan efisien.
·
Memilih, mengembangkan, menilai anggota di
dalam komunikasi tersebut.
·
Memimpin, mengarahkan, memotivasi dan
menciptakan suatu iklim kerja di mana setiap orang mau memberikan kontribusi.
Tujuan komunikasi data :
·
Pengiriman data dalam jumlah besar dan
efisien.
·
Penggunaan sistem komputer dan alat pendukung
secara bersamaan.
·
Menggunakan sistem komputer secara
terpusat/tersebar.
·
Mempermudah pengolahan dan pengaturan data.
·
Mendapatkan data secara langsung dari
sumbernya.
·
Mempercepat penyebaran informasi.
Operasi komunikasi data :
·
Pengumpulan data/data collection.
·
Pertukaran informasi/information exchange.
·
Menyimpan dan mengambil data/data storage and
access.
·
Time sharing.
·
Program to program communications.
·
Remote computing.
Sumber : http://vitanu.blogspot.com/2013/06/peranan-komunikasi-dalam-dunia-bisnis_13.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar