.

Kamis, 10 Oktober 2013

Makalah Perencanaan Usaha



Makalah Perencanaan Usaha





                                                Nama               : SHERY
                                                NPM               : 56212980
                                                Kelas               : 2DF02






UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA – 2013 / 2014


BAB 1
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang

Usaha  kecil merupankan bagian integral dari dunia usaha nasional yang mempaunyai kedudukan, potensi  dan perencanaan yang sangat strategis  dalalm mewujudkan pembangunan nasional. Mengingat peranannya dalam pembangunan, usaha harus terus dikembangkan  dengan semangat kekeluaraan, saling mengisi, saling memperkuat antar usaha kecil dab besar dalam pemerataan serta mewujudkan kemakmuran yang sebesar-besarnya  bagi seluruh rakyat Indonesia.
Menaggapi hal tersebut wirausahawan muda ini nergerak untuk ikut serta mencapai tujuan mulia tersebut dengan membuat usaha “ FRIED BAKERY” yang bergerak dibidang produksi makanan, yaitu “ROTI GORENG SOSIS”.  Dengan adanya usaha ini perusahaan mampu menyediakan roti goreng sosis yang disukai oleh konsumen dan dapat memperleh profit yang memuaskan.

2.      Rencana Bisnis

Rencana bisnis kami adalah membuat makanan yang bergizi dengan membuat roti goreng sosis yang dibuat dengan bahan dasar roti tawar yang mengandung karbohidrat tinggi di tambah dengan mayonaise dan sosis yang mengandung protein, serta daun selada yang mengandung unsur sayuran. Ditambah lagi denagn saus sambal sehingga menciptakan cita rasa pedas yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia.





BAB II
ANALISIS USAHA

3.      Analisi Usaha

Dalam analisi usaha ini kami menggunakan analisa 4P yang terdiri dari :
a.       Produk :
·         Tipe           : Roti Goreng Sosis
·         Merek        : Rogo Sosis Mayo
·         Kualitas     : Enak, bergizi dan terjangkau
·         Kemasan   : Plastik dan Tissue
·         Bentuk      : Persegi Panjang
b.      Price :
Price List         : Rp. 5.000,-

c.       Promotion :
·         Personal Selling     : Menjual langsung kepada konsumen
·         Advertisement      : Melalui media jaringan sosial (twitter            facebook, dll.)

d.      Place :
Lokasi             : Bertempat di kampus Universitas Gunadarma dan  sekitarnya.





BAB  III
DESKRIPSI USAHA

4.      Deskripsi Tentang Usaha
Fried Bakery adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha kuliner. Kami menyajikan olahan roti goreng dengan berbagai varian rasa, seperti Roti Goreng Sosis, Roti Es Krim Goreng dan sebagainya. Namun “Fried Bakery” mempunyai produk unggulan, yaitu “Rogo Sosis Mayo” dengan isian saus mayonaise dan keju mozarella yang meleleh ketika digoreng.
5.      Rencana Produksi
RINCIAN BIAYA :

1.      Biaya Pemasaran (promosi)
·         Pulsa SMS                                                                                = Rp     -

       2.      Biaya Modal Awal
            ·         Pembelian ½ kg dada ayam                                               = Rp    14.000
             ·         Pembelian ¼ kg telur                                                         = Rp      4.000
            ·         Pembelian roti                                                                    = Rp      5.500
            ·         Pembelian tepung roti                                                        = Rp      5.000
            ·         Pembelian ¼ kg minyak goreng                                         = Rp      3.000
            ·         Pembelian saus sambal sachet                                            = Rp      5.000
      ·         Pembelian plastik ½ kg                                                      = Rp      3.500
      ·         Pembelian kentang ½ kg                                                    = Rp      3.000
            ·         Pembelian wortel                                                                = Rp      1.000
      ·         Pembelian masako                                                              = Rp      1.000 +
  Rp    45.000

            3.      Biaya Operasional
            ·         Pembelian ½ kg dada ayam                                               = Rp    14.000
      ·         Pembelian 2 butir telur                                                       = Rp      2.000
      ·         Pembelian roti                                                                    = Rp    27.500
      ·         Pembelian ½ kg minyak goreng                                         = Rp      6.000
      ·         Pembelian saus sambal sachet                                            = Rp      5.000 +
                                                                                                               Rp    59.000

      Rekapitulasi Biaya
      1. Biaya promosi                                                                                 Rp     -
2. Biaya modal awal                                                                           Rp    45.000
      3. Biaya operasional                                                                            Rp    59.000 +
Total pengeluaran                                                                                Rp  104.000



Perhitungan Pendapatan (Cash Inflow) ROTI GORENG “ BELIA


Perhitungan Pendapatan
Total
Pendapatan per hari:
               10 roti x  Rp 5.000,00
*ket:    1 roti = Rp 5.000,00

Rp  50.000,00
Pendapatan keseluruhan
6 hari
*ket: operasional 6 x penjualan

Rp 255.000,00

Maka PayBack Period (PBP) = Pendapatan keseluruhan - Total pengeluaran
                                                                        Jumlah penjualan
                                                  = Rp 255.000,00 – Rp 104.000,00 
                                                                 
                                                  = Rp 2.500,00
                                         

Rencana Pemasaran
a.        Promosi
Promosi makanan yang cepat laku adalah pada tempat ramai seperti pasar, sekolah, kampus, kantor, itu adalah tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan. Berikut ini adalah beberapa cara promosi makanan yang akan saya lakukan :
1.             Pertama adalah lewat brosur, cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang saya jual, biasanya makanan sampai di konsumen melalui pesan antar atau sering disebut delivery.
2.             Melakukan penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang di jual.
3.             Melalui internet cara ini efektif walau tak semua orang memakai internet tapi cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti facebook, twetter, yahoo, google dan lain - lain, tak ada salahnya bila dicoba.
4.             Melalui iklan radio, cara ini cukup lumayan walau tak ada gambar visual yang dapat terlihat tapi setidaknya pesannya dapat tersampaikan kepada masyarakat.
6.      Rencana Permodalan
Permodalan yang kami rencanakan adalah berasal dari dana pribadi yang dikeluarkan oleh pemilik .
7.      Rencana Organisasi
Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
·        Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
·         Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
·         Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di distro dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan.
·         Karyawan bertugas melayani para pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.

8.       Resiko
Ada banyak resiko yang kemungkinan akan muncul dalam usaha kami, diantaranya adalah :
·         Produk ditiru
·         Makin banyaknya pesaing yang serupa
·         Kenaikan harga bahan baku
·         Munculnya produk baru yang lebih unggul



                 BAB IV
KESIMPULAN


9.      Kesimpulan
Dalam pembuatan perencanaan bisnis bakery harus memperhatikan hal-hal penting. Sebelum membuat perencanaan bisnis bakery harus terlebih dahulu menganalisa kondisi lingkungan bisnis antara lain yaitu lingkungan ekonomi, lingkungan industri, lingkungan global karena dengan mengetahui kondisi dari lingkungan, kita dapat mengetahui kelebihan, kekurangan, kesempatan, maupun hambatan dari usaha yang akan kita bangun.
Setelah kita mengetahui kondisi lingkungan, kita harus membuat rencana manajemen yaitu merancang struktur organisasi, menentukan proses produksi serta membuat perencanaan mengenai pengelolaan pegawai. Karena dengan perencanaan manajemen, perusahaan dapat menentukan  job description para pegawai demi terciptanya keefektifan dan keefisienan lingkungan kerja.
Hal terakhir yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan keuangan karena banyak sekali perusahaan yang gulung tikar akibat tidak membuat perencanaan keuangan dengan baik.


1 komentar:

  1. I am very interested in the information contained in this post. The information contained in this post inspired me to generate research ideas.Thank You.
    Online Learning

    BalasHapus